Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Peci Parepare Raup Jutaan Rupiah

Kompas.com - 03/07/2014, 02:37 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Bulan Ramadhan memang selalu membawa berkah bagi umat Muslim. Di Parepare, Sulawesi Selatan, berkah itu sangat terasa pula bagi para pedagang peci yang membuka lapak di depan Masjid Raya Kota Parepare.

"Setiap malam, saya bisa menjual peci dan songkok hingga ribuan (buah)," kata Wahyuni, salah satu pedagang di Jalan Andi Sultan Hasanuddin, Parepare, itu. Dia mengatakan, harga satuan peci yang dia tawarkan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Para pedagang di kawasan ini terbilang musiman. Ada di antara mereka yang di luar bulan ini bekerja sebagai pedagang sayuran. Bahkan, ada pedagang yang pada siang hari adalah pegawai negeri.

Barang-barang yang ditawarkan di lokasi ini tak hanya peci. Ada pula pernak-pernik lain hingga baju koko. Harga yang ditawarkan pun lebih "miring" dibandingkan harga di toko-toko di Parepare.

Fatmawati, ibu yang memborong baju untuk anak-anaknya di kawasan ini, mengaku membeli enam baju koko dan peci. "Saya beli satu baju koko di sini Rp 70.000, kalau di toko bisa Rp 120.000 sampai Rp 200.000," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com