Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Aneka Tarian, Seniman Malang Raya Deklarasi Dukung Jokowi-JK

Kompas.com - 29/06/2014, 17:40 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Belasan komunitas seniman di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu), Minggu (29/6/2014), menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan calon presiden-calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dalam deklarasi itu menampilkan aneka tarian untuk menghibur warga malang yang sedang Ngabuburit, di hari pertama menjalankan ibadah puasa.

"Deklarasi digelar sore untuk menghibur warga Malang sembari ngabuburit saat menjalankan ibadah puasa di hari pertama. Relawan seniman untuk Jokowi siap menghibur warga Malang," kata Budi Ayuga, ketua panitia deklarasi Seniman Malang Raya untuk Jokowi-JK, Minggu.

Deklarasi digelar di depan Stadion Gajayana, Kota Malang. Ratusan warga yang melintas di jalan tersebut berhenti untuk menikmati aneka tarian yang ditampilkan dari komunitas seni itu. "Ada 12 komunitas seni di Malang Raya yang siap memenangkan Jokowi-JK. Ada 12 seni tari juga yang ditampilkan hari ini. Bahkan, semua seniman menampilkan keahliannya masing-masing," katanya.

Yoga berharap acara itu dapat memberikan hiburan bagi rakyat yang kini semakin terbuka dalam menyalurkan aspirasi politiknya. Ia merasa prihatin karena aksi saling dukung capres di dunia maya justru dilakukan dengan cara buruk. "Mereka saling caci dan memfitnah karena mendukung capres jagoannya. Dari itu seniman di Malang gelar deklarasi memberikan hiburan untuk rakyat," katanya.

Adapun tujuan deklarasi tersebut, Yoga berharap para seniman dapat memenangkan pasangan Jokowi-JK. Seniman mendukung program Jokowi dalam meningkatkan industri kreatif.

Yoga mengatakan, dukungan para seniman Malang kepada Jokowi-JK itu tidak lahir dari desakan dari pihak mana pun. Mereka juga membiayai acara deklarasi dari upaya mereka pribadi. "Bukan dari tim sukses atau partai apapun. Ini murni inisiatif seniman sendiri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com