Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Api 350 Derajat Celsius, Kebakaran Kings Sulit Diatasi

Kompas.com - 24/06/2014, 16:21 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Api hingga kini masih membakar gedung pusat perbelanjaan Kings yang terletak di dua ruas jalan, yakni Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan, Kelurahan Balong Gede, Kecamatan Regol, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, kobaran api masih membesar di bagian tengah gedung.

"Di tengah gedung dan dasar bawah gedung api masih besar. Petugas kesulitan memadamkan api karena akses dan ruang untuk memadamkan terkunci dan kemudian padatnya isi gedung menyulitkan proses pemadaman," kata Hikmat, Selasa (24/6/2014).

Hikmat menyebutkan, suhu api di bagian dalam mencapai 350 derajat celsius sehingga menyulitkan petugas pemadam kebakaran masuk ke gedung untuk memadamkan api. "Dengan suhu 350 derajat celsius ini, tidak memungkinkan petugas pemadam untuk masuk ke dalam," katanya.

Kata dia, jika suhu panas api di atas 40 derajat celsius, kemungkinan dipadamkan masih sulit. Biasanya, dengan suhu demikian, api akan terus membesar.

Dia megatakan, petugas damkar terus berusaha sedikit demi sedikit masuk ke dasar gedung untuk menyemprotkan air ke kobaran api. Pemadaman diperkirakan cukup lama.

"Mudah-mudahan segera padam ya. Kasian petugas pemadam, sudah pada kelelahan. Tapi moto kami pantang pulang sebelum api benar-benar padam. Hampir seluruh petugas pemadam tak henti-hentinya aktif melakukan prosesi pemadaman sejak semalam. Tapi, ada sebagian kecil yang beristirahat dan bertugas bergantian," tegasnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, api merembet lewat jembatan sekaligus bangunan kecil dan membakar gedung Matahari Kepatihan yang ada di seberang gedung Kings. Namun, jilatan api segera diputus sehingga tidak sampai membakar seluruh gedung Matahari Kepatihan.

Diberitakan sebelumnya, pusat perbelanjaan Kings di Jalan Dalem Kaum terbakar, Senin (23/6/2014) sekitar pukul 23.50. Api kali pertama terlihat oleh petugas kebersihan setempat. Hingga kini, kebakaran sudah terjadi 17 jam, tetapi api belum bisa dijinakkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com