Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Akan Dianugerahi Gelar Kehormatan Suku Dayak

Kompas.com - 23/06/2014, 19:37 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis


PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah (LMMD-KT) akan memberi gelar kehormatan kepada calon presiden Prabowo Subianto. Capres nomor urut satu yang diusung sejumlah partai politik dalam Koalisi Merah Putih itu diyakini mampu menjadi pemimpin yang berpikir luas dan mampu membawa perubahan bagi bangsa Indonesia.

Gelar kehormatan yang akan diterima Prabowo yakni Temanggung Runting Batu Pengumbang Langit. Gelar tersebut bermakna bapak ekonomi kerakyatan.

Sejumlah tokoh adat di antaranya Prof KMA M Usop dan Lewis KDR menganggap gelar kehormatan suku Dayak itu pantas diterima Prabowo karena visi capres nomor satu itu mengedepankan ekonomi kerakyatan.

“Konsepnya adalah ekonomi rakyat, sama seperti kita. Kita ingin bela rakyat semua yang tergusur tanahnya dan lain-lain itu kita selesaikan masalahnya supaya dia bisa hidup,” kata Prof KMA M Usop, Ketua Umum LMMD-KT.

Pemberian gelar kehormatan suku Dayak itu direncanakan akan dilakukan tokoh adat dan pengurus LMMD-KT di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada tanggal 30 Juni 2014 dalam suatu ritual adat Dayak seusai kampanye pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com