Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kupang Gagalkan Penyelundupan TKI ke Malaysia

Kompas.com - 21/06/2014, 19:04 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com - Aparat kepolisian dari Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut, Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengagalkan penyelundupan 19 orang ke Malaysia.

Wakil Kepala Polres Kupang Kota, Komisaris Yulian Perdana SIK kepada Kompas.com, Sabtu (21/6/2014) sore mengatakan, sebagian dari mereka adalah tenaga kerja ilegal. Mereka diamankan di pelabuhan Tenau Kupang setelah berniat menaiki Kapal Motor Bukit Siguntang.

“Saat penindakan tadi, perekrut para tenaga kerja atas nama Flori melarikan diri. Padahal para tenaga kerja telah menyerahkan sejumlah uang kepada Flori. Sampai saat ini tersangka Flori masih dalam pengejaran petugas dan satuan tugas terpadu Tenaga Kerja Indonesia Provinsi NTT,” kata Yulian.

Lanjut Yulian, 19 orang yang diamankan itu berasal dari Kabupaten Malaka dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Mereka antara lain 12 orang laki-laki dan 7 perempuan. Dari 19 orang itu, lima di antaranya anak-anak dan tiga lainnya masih balita.

Setelah didata dan dikoordinasikan dengan dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, para tenaga kerja ilegal tersebut dikembalikan ke keluarga masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com