Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisudawati Terbaik Anak Pengayuh Becak Ikut Tes Indonesia Mengajar

Kompas.com - 12/06/2014, 17:23 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Penggagas "Indonesia Mengajar", Anies Baswedan, mengatakan, Raeni, wisudawati dari Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang, sedang mengikuti tes Indonesia Mengajar. Dia pun mengatakan, Raeni sudah lolos tes tahap pertama.

"Saya sudah bicara via telepon. Dia sudah lolos tes fase pertama," kata Anies di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Rektor nonaktif Universitas Paramadina itu menyatakan tetap akan memperlakukan Raeni secara obyektif dalam tes tersebut, termasuk dalam tahap direct asessment atau wawancara.

Nama Raeni mencuat di media massa setelah penerima beasiswa Bidikmisi ini diantar oleh ayahnya, Mugiyono, dengan becak ke acara wisuda di Universitas Negeri Semarang. Ayah Raeni sehari-hari berprofesi sebagai tukang becak (baca juga: Wisudawati dengan IPK 3,96 Itu Diantar Ayahnya dengan Becak).

Meskipun tumbuh dalam keluarga yang pas-pasan, Raeni beberapa kali memperoleh indeks prestasi 4 hingga lulus sebagai salah satu wisudawan terbaik dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,96.

Sementara itu, Indonesia Mengajar adalah gerakan yang digagas oleh Anies Baswedan. Terinspirasi gerakan pengiriman sarjana untuk mengajar di daerah-daerah terpencil sekitar tahun 1950, Indonesia Mengajar mengirimkan sarjana-sarjana pandai untuk mengajar di sekolah dasar di berbagai daerah terpencil di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com