Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Magelang Galang Koin untuk Jokowi-JK

Kompas.com - 05/06/2014, 08:25 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com — Para seniman di Magelang, Jawa Tengah, yang menamakan diri Relawan Laskar Mataram, menggalang koin sebagai dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Koordinator Seniman Magelang Andi Ashadi menjelaskan, penggalangan koin itu murni dari inisiatif mereka. Para seniman sendiri yang menginginkan untuk membantu perjuangan capres dari PDI-P, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, dan Partai Nasdem itu.

Menurut Andi, gerakan ratusan seniman Magelang itu mencerminkan semangat rakyat kecil untuk ikut serta memperjuangkan kemenangan Jokowi-JK.

"Jokowi lahir dari rakyat, jadi kami percaya dia bisa membawa aspirasi rakyat," kata Andi, Rabu (4/6/2014) malam.

Rencananya, koin itu akan dikumpulkan selama beberapa hari dan akan diserahkan kepada tim pemenangan Jokowi-JK. Relawan Laskar Mataram ini, kata, dia terdiri dari ratusan kelompok seni tradisional di Kabupaten dan Kota Magelang.

"Kami terpanggil melihat sosok Jokowi yang track record-nya baik. Terbukti sejak jadi Wali Kota (Solo). Selama menjabat, dia telah banyak berpihak kepada rakyat kecil," katanya.

Andi mencontohkan, saat menjadi Wali Kota, Jokowi berani menolak permintaan gubernur saat itu untuk menggusur cagar budaya pabrik es di Solo karena akan didirikan mal.

"Jokowi juga satu-satunya calon yang tak pernah terlibat Orde Baru," katanya.

Dalam deklarasi itu, hadir juga sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan. Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto mengajak seluruh komponen pendukung Jokowi-JK untuk segera bekerja.

"Tidak ada waktu lagi. Datangi pintu ke pintu untuk meyakinkan kepada masyarakat memilih Jokowi JK," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com