Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Pendukung Capres Bermunculan di Jawa Timur

Kompas.com - 01/06/2014, 19:59 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi dukung mendukung relawan kepada pasangan capres-cawapres marak di Jawa Timur. Di Surabaya, Minggu (1/6/2014) sejumlah relawan mendeklarasikan diri untuk mendukung pemenangan pasangan Jokowi-JK maupun Prabowo-Hatta dengan berbagai kekuatan aksinya.

Salah satunya adalah Laskar Soekarno Muda. Elemen pemuda ini bertekad memenangkan pasangan Prabowo-Hatta dengan aksi mendatangi warga dari pintu ke pintu (door to door) untuk menyosialisasikan figur Prabowo-Hatta.

"Banyak kampanye hitam yang bergerak mempengaruhi pemilih soal figur Prabowo, kami akan menjadi tombak terdepan untuk meluruskan pemahaman yang salah tentang Prabowo," kata Koordinator Laskar Soekarno Muda, Irham Maulidy.

Deklarasi dukungan Prabowo-Hatta juga dilakukan oleh sejumlah elemen di tempat lain. Antara lain oleh Lumbung Informasi Rakyat (Lira), Fans of Rhoma Irama (Forsa), Gerak Aswaja, Forum Kyai dan Santri, Kiblat, Kelompok Ternak dan Tani Makmur, Presiden Center, serta elemen pendukung SBY, Indonesia Bisa.

Secara terpisah, sejumlah elemen petani juga mendeklarasikan organ Sekretariat Nasional (Seknas) Petani Jokowi. Elemen ini berjanji akan memberikan dukungan lebih dari 70.000 suara petani Jawa Timur bagi kemenangan Jokowi-JK.

Syaiful Zuhri, koordinator Seknas Tani Jokowi Jawa Timur, mengaku tertarik dengan Jokowi karena misinya yang ingin menegakkan kedaulatan pangan.

"Dia berkomitmen mengimplementasikan pembaruan agraria melalui pendistribusian aset petani, pembebasan tanah petani, serta menggalakkan program kepemilikan lahan bagi buruh tani," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com