Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikah Massal, 30 Mempelai Wanita Diberi Mahar Pohon

Kompas.com - 27/05/2014, 16:33 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 30 pasangan dari berbagai usia, hari ini, Selasa (27/5/2014), mengucapkan janji sehidup semati dalam acara nikah bareng di Masjid Agung Wahidin Sudirohusodo.

Turut hadir dalam acara nikah massal untuk memperingati Hari Jadi Ke-98 Kabupaten Sleman itu Bupati Sleman serta beberapa pejabat.

"Dari 30 pasangan, hanya 14 yang mengikuti akad nikah, sedangkan 16 pengantin lain sudah menjalani prosesi peresmian nikah secara agama," ujar Ketua Panitia Hari Jadi Sleman, Mardiyana, Selasa (27/5/2014).

Madiyana menjelaskan, pasangan yang sudah menjalani peresmian nikah pada kesempatan ini hanya merayakan resepsi di rumah dinas bupati bersama pasangan lainnya.

Acara nikah massal pada Hari Jadi Sleman kali ini cukup berbeda dengan yang sebelumnya. Sebab, mahar yang diberikan kepada mempelai wanita tidak hanya dalam bentuk seperangkat alat shalat, tetapi juga bibit pohon dan sepasang burung merpati.

Pemberian mahar itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta pada alam serta lingkungan. Hal itu agar mempelai dapat mengajarkan putra-putrinya arti penting melestarikan alam.

Sementara itu, di tempat yang sama, Bupati Sleman Sri Purnomo menilai, nikah bareng yang menjadi puncak acara HUT kabupaten ini merupakan suatu kegiatan positif sehingga patut untuk menjadi agenda rutin.

"Acara ini positif karena membantu meringankan beban masyarakat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com