Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas 200 Tukik, Menhut Terpukau dengan Pantai Pulau Merah

Kompas.com - 23/05/2014, 13:16 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melepas 200 tukik jenis Lekang di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. 200 tukik tersebut merupakan penangkaran dari Taman Nasional Meru Betiri.

Kedatangan menteri Kehutanan bersamaan dengan dibukanya Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014, Jumat (23/05/2014).

"Wah... indah sekali, saya tidak berpikir jika Pulau Merah seindah ini. Saya bisa mengatakan ini salah satu tempat yang sangat indah yang pernah saya kunjungi. Saya nggak menyangka pantai ini ada di Kabupaten Banyuwangi," ungkapnya.

Didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Menteri Kehutanan juga menanam pohon secara simbolis di pinggiran Pantai Pulau Merah. "Ini salah satu tradisi yang dilakukan sebagai bentuk program pemerintah Kabuten Banyuwangi yaitu sedekah oksigen," jelas Bupati Anas.

Rencananya, selain dikunjungi Menteri Kehutanan, Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014 akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu pada Jumat sore.

Kompetisi selancar internasional digelar pada 23 – 25 Mei 2014 dengan melombakan tiga kategori, yaitu level lokal, nasional, dan internasional.

Tidak kurang dari 120 peserta dari 15 negara bakal berpartisipasi. Di antaranya dari Belgia, Austria, Amerika Serikat, Malaysia, Turki, Jerman, Perancis, Belanda, Rusia, dan Serbia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com