Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertimbun Longsor 32 Hari, Jasad Yasid Ditemukan Masih Utuh

Kompas.com - 21/05/2014, 16:13 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Selama 32 hari tertimbun tanah longsor, terhitung sejak Senin 21 April hingga 21 Mei 2014, jasad seorang pencari rumput, Yasid (37), warga Dusun Krajan, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan warga setempat masih utuh.

Suwadi, saksi mata sekaligus warga yang menemukan jasad Yasid menjelaskan, jenazah ditemukan di bawah reruntuhan tanah longsor di bawah lereng Gunung Semeru, Rabu (21/5/2014) siang. Jasad korban ditemukan dalam kondisi utuh.

"Padahal, korban sudah tertimbun tanah longsor selama 32 hari. Seluruh pakaian dan celana yang dikenakan korban masih utuh dan bajunya tidak ada yang robek. Mulai ujung kaki hingga rambut, tidak ada yang terkelupas sedikit pun," cerita Suwadi.

"Kami menemukan bersama satu orang warga yang memang sengaja mencari jasad korban. Karena tim SAR sudah menghentikan pencarian," kata dia.

Saat ditemukan, Suwadi kali pertama melihat kaki Yasid. "Lalu saya gali dan akhirnya memang benar jasad korban. Saat itu, posisi korban dalam kondisi telungkup. Baju dan celana serta tubuhnya masih utuh," ulangnya lagi.

Kondisi jasad Yasid itu pun menjadi perbincangan di kalangan warga sekitar. "Warga di sini heran. Tapi korban itu orangnya memang baik, ramah, dan sabar. Setelah ditemukan, jasadnya langsung dimakamkan tak jauh dari rumahnya," kata Suwadi.

Sementara itu, Camat Wajak Bagus Sulistiawan menambahkan, kondisi jasad Yasid memang ditemukan dalam kondisi utuh. "Iya, tubuhnya masih utuh dan bajunya juga utuh. Padahal sudah terkubur selama 32 hari. Saya juga heran," kata Bagus.

Bagus menyampaikan terima kasih kepada warga setempat yang telah bersedia terus mencari keberadaan jasad korban di reruntuhan tanah longsor itu. "Masyarakat secara mandiri mencari dan menggali tanah longsor secara terus-menerus. Dan akhirnya, jasad korban ketemu meski sudah 32 hari tertimbun longsor," katanya.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor terjadi pada pertengahan 21 April 2014 lalu. Dua orang tewas tertimbun longsor tersebut. Jasad korban pertama atas nama Prayudi (27). Ia ditemukan anggota tim SAR gabungan beberapa hari setelah kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com