Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syukuran Kelulusan, Pelajar di Yogya Bagikan 1.000 Nasi Bungkus

Kompas.com - 20/05/2014, 15:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan siswa dari SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 membagikan 1.000 nasi bungkus untuk warga di kawasan titik nol Km Yogyakarta, Selasa (20/5/2014).

Kegiatan ini digelar siswa sebagai bentuk ucapan syukur atas kelulusan mereka. "Total ada 1.000 nasi bungkus yang dibagikan untuk tukang becak, pengamen. Intinya untuk warga," ucao Fatjri Sumaji, siswa SMAN 3 Yogyakarta sekaligus koordinator pembagian nasi bungkus, Selasa siang.

Fatjri menuturkan, aksi bagi-bagi nasi bungkus ini juga sebagai wujud bakti sosial dan mencegah euforia kelulusan yang berujung pada tindakan negatif.

"Daripada konvoi yang hanya menghabiskan bensin dan corat coret seragam, ini lebih berguna bagi warga. Mencerminkan Yogya kota pelajar," tegasnya.

Ia mengungkapkan, dana untuk nasi semuanya dari uang sukarela siswa. Mereka menyisihkan uang saku untuk kegiatan sosial ini.

Sementara itu, salah satu penjual asongan di kawasan titik nol Km, Sumirah (55) mengaku senang dengan kegiatan siswa membagikan nasi bungkus. Ia menilai, ucapan syukur siswa ini lebih positif dibandingkan konvoi atau hura-hura seusai pengumuman kelulusan.

"Dari pada corat-coret, blayer-blayer motor keliling kota, mending seperti ini. Membantu orang-orang susah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com