Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam, Kapolres Buton Hilang di Perairan Wakatobi

Kompas.com - 18/05/2014, 11:22 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Rombongan Kapolres Buton AKBP Muh Fachrurozy bersama Ketua Pengadilan Negeri Buton Wahyu Imam Santoso, masih dinyatakan hilang di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, saat memancing sejak Sabtu (17 Mei 2014) pukul 15.00 WITA.

Rombongan berjumlah delapan orang termasuk kru kapal, hendak memancing di perairan karang Kapota, Kecamatan Wanci, Kabupaten Wakatobi menggunakan kapal perikanan. Namun sekitar pukul 22.00 kapal diterjang ombak besar, sehingga terbalik.

Kepala hubungan masyarakat (Kabid Humas ) Polda Sultra, AKBP Soenarto mengatakan, rombongan yang ikut memancing terdiri dari 8 orang, 5 anggota polisi dan 3 orang sipil.

"Selain Kapolres dan ketua pengadilan negeri Buton ada juga Kabag Ops Kompol Jamaluddin, Ka SPK Ipda Hasani, Brig Suroto, Briptu Hengki dan dua ABK yang belum diketahui identitasnya, kata Soernato, di rumah jabatan Kapolda Sultra di jalan D.I. Panjaitan, Minggu (18/5/2014).

Menurutnya, informasi tenggelamnya kapal rombongan itu diketahui setelah sopir Kapolres Buton, Briptu Hengki, ditemukan nelayan saat ia berenang selama 6 jam pasca kapal yang mereka tumpangi tenggelam.

"Jadi briptu Hengki melaporkan kejadian itu ke Polres Wakatobi pukul 06.00 wita, kemudian kami langsung berkoordinasi dengan SAR yang ada di Wakatobi untuk melakukan pencarian," tutur Soenarto.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi kantor SAR Kendari, Basrano mengatakan, pihaknya menerima laporan kecelakaan laut di perairan Wakatobi pada, Minggu (18/5/2014) pukul 06.30 WITA.

"Kami langsung berkoordinasi dengan polres Wakatobi, jadi 20 orang yang turun melakukan pencarian. 11 orang personil SAR dan selebihnya dari Polres Wakatobi, dengan menggunakan Rescue boat 307 dari Baubau," jelasnya.

Dikatakan Basrano, saat kejadian ombak di laut Kapota mencapai 2,5 meter. Saat ini, pencarian dilakukan hingga 20 mil dari perairan karang Kapota, Wakatobi. Adapun nama-nama korban yang belum ditemukan :
1. Kapolres Buton AKBP Fahrurrrozi
2. Kabag Ops Kompol Jamaludin
3. Kepala SPKT Ipda Hasani
4. Banit Provos Brigadir Suwoto,
5. Ketua PN Buton Wahyu Imam Santoso.
6. Dua orang anak buak kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com