Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Bagi-bagi Es Krim Gratis Juga Rusak Rumput Balaikota Bandung

Kompas.com - 13/05/2014, 19:32 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung memanggil PT Unilever Indonesia terkait penyelenggaraan bagi-bagi es krim Wall's gratis di Balai Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Kepala Bagian Umum dan Peralatan Sekda Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin, mengatakan sebagian rumput di taman Balaikota Bandung rusak akibat acara tersebut.

Pasalnya, setelah dievaluasi, pengunjung acara bagi-bagi es krim gratis tersebut ternyata jauh melebihi kuota yang dilaporkan dalam permohonan izin pertama kali. Namun, lanjutnya, Unilever sudah datang untuk meminta maaf dan mengganti kerusakan.

"Alhamdulillah mereka ada permohonan maaf dan akan mengganti kerusakan-kerusakan taman yang terinjak-injak karena massa juga tidak terkendali," kata Ronny di Balai Kota Bandung, Selasa (13/5/2014).

Ronny menambahkan, kerusakan Taman Balai Kota Bandung diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Perkiraan mencapai Rp 25 juta sampai Rp 30 juta. Dari Unilever sudah merespon. Tidak minta uang tunai, yang penting taman kembali utuh," tuturnya.

Berkaca dari kejadian tersebut, Pemkot Bandung menyatakan tidak akan memberikan izin penggunaan Balai Kota Bandung untuk kegiatan yang melibatkan massa yang sifatnya masif.

"Acara dengan massa banyak akan kita alihkan di Tegalega," ujarnya.

Saat dihubungi terpisah, perwakilan PT Unilever Indonesia yang juga menjabat sebagai Area Sales Manager Wall's Ice Cream Bandung, Randolf Simangunsong, membenarkan pertemuan tersebut. Menurutnya, PT Unilever Indonesia tidak keberatan untuk memperbaiki taman yang rusak.

"Kita tidak keberatan dengan angka yang diajukan. Kita akan tanggung jawab seluruh kerusakan," ujarnya.

Randolf menambahkan, sebelum dipanggil oleh Pemkot Bandung, PT Unilever Indonesia sudah menyadari konsekuensi yang akan dihadapi.

"Sebenarnya tidak ada komplain dari Pemkot, kita proaktif untuk memberikan solusi," pungkasnya.

Sesuai dengan keinginan Pemkot Bandung, bentuk tanggungjawab yang akan diberikan PT Unilever Indonesia tidak akan berbentuk uang tunai melainkan dengan normalisasi kembali taman Balai Kota Bandung.

Sebelumnya diberitakan, aksi bagi-bagi es krim serupa yang dilakukan di Surabaya juga menyebabkan Taman Bungkul dan sejumlah jalur hijau di kawasan itu rusak. Akibatnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengamuk.

Hari itu juga, Risma menginstruksikan jajarannya untuk memperbaiki taman yang rusak. Kerugian akibat kerusakan taman di Surabaya diprediksi mencapai Rp 1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com