Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Informasi ke Publik, Ridwan Kamil Perbanyak Wi-Fi dan Permudah Akses

Kompas.com - 13/05/2014, 14:11 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pemkot Bandung tengah memperbaiki beberapa aspek untuk menunjang keterbukaan informasi kepada publik. Yang pertama adalah memperbanyak akses Wi-Fi gratis.

"Wi-Fi harus ada di mana-mana, di masjid di taman, SKPD, harus Wi-Fi zone," ujarnya seusai membuka sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (13/5/2014).

Kemudian, Pemkot Bandung juga akan ngebut untuk memperbanyak fiber optic sebagai salah satu penunjang akses internet.

Selain itu, sejumlah situs web yang memberikan informasi dan transparansi keuangan seperti APBD dan Hibah Bantuan Sosial akan dipermudah aksesnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kecurigaan dari masyarakat terkait penggunaan anggaran Pemkot Bandung.

"APBD sedang kita bahas teknik upload-nya, rencanaya nanti bisa di-print out di kelurahan-kelurahan dan upload di web. Kalau web Hibah Bansos sudah saya minta dievaluasi kalau ada macet-macet dan kendala apa pun," tutur pria yang akrab disapa Emil ini.

Menurut Emil, keterbukaan informasi seluruh aktivitas Pemkot Bandung kepada publik dengan berbasis internet selama ini banyak diminati untuk dipelajari oleh kota-kota lain di Indonesia. Dia mengatakan, bahkan Bandung dianggap sebagai kota percontohan dari konsep open government.

"Bahkan kita akan didatangi pemerintah (salah satu) kota di Filipina karena tertarik dengan konsep yang ada di Kota Bandung," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com