Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Taman dan Jalur Hijau Rusak, Kerugian Diprediksi Rp 1 Miliar

Kompas.com - 12/05/2014, 11:22 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
-- Kerugian materi kerusakan jalur hijau dan taman sepanjang Jalan Darmo Surabaya diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Oleh karena itulah, Pemkot Surabaya melayangkan gugatan perdata kepada PT Unilever Indonesia selaku penyelenggara acara pembagian es krim gratis, Minggu (12/5/2014).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, jumlah kerugian itu masih perkiraan dan hasil hitungan kasar, sedangkan total kerugian dipastikan lebih dari itu.

SURYA/Habibur Rohman Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ikut turun membenahi kondisi taman di sepanjang Jalan Raya Darmo dan Taman Bungkul Surabaya yang rusak diinjak-injak ribuan warga, Minggu (10/5/2014).

"Karena jalur hijau yang rusak sepanjang sekitar satu kilometer, itu belum bagian depan Taman Bungkul," kata wali kota yang diusung PDI-P ini, saat meninjau perbaikan, Senin (12/5/2014).

Selain menggugat secara perdata, kata Risma, pihaknya juga sudah melaporkan penyelenggara kegiatan ke polisi atas tuduhan perusakan fasilitas negara.

"Laporan sudah kami masukkan ke polisi atas kerusakan taman ini," tambah Risma.

Sementara itu, sejak pagi tadi, ratusan petugas Dinas Pertamanan dan relawan swasta melakukan perbaikan jalur hijau di sepanjang Jalan Darmo dan Taman Bungkul. Kegiatan perbaikan sempat memacetkan arus lalu lintas karena, di beberapa titik, perbaikan memakan sebagian badan jalan dengan mengoperasikan sejumlah alat berat.

Seperti diberitakan, aktivitas pembagian es krim merek Wall's saat Car Free Day kemarin sempat merusak taman di sepanjang jalur hijau Jalan Darmo dan sebagian Taman Bungkul. Risma sempat marah besar atas hal ini dan membubarkan paksa kegiatan pembagian es krim gratis itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com