Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bulan Koma akibat Disiksa di Taiwan, TKW Sihatul Dipulangkan

Kompas.com - 07/05/2014, 08:31 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Keinginan keluarga agar Sihatul Alfiyah (25), tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, yang koma di Taiwan untuk pulang ke Tanah Air akhirnya terkabulkan.

Perempuan yang koma sejak 22 September 2013 karena disiksa majikannya akhirnya tiba di Banyuwangi, Rabu (7/5/2014) jam 04.30 dini hari, dan langsung dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.

Alam Sudrajat, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi, menjelaskan, Sihatul diterbangkan dari Taiwan pada Selasa (6/5/2014) sekitar jam 17.00 waktu setempat dan sampai di Bandara Juanda jam 23.00 wib.

"Saat tiba di Surabaya, Sihatul sempat dibawa ke rumah sakit terdekat untuk melihat kondisinya apakah bisa melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi menggunakan ambulans. Alhamdulilah setelah dicek kondisinya stabil," kata Alam.

Kepulangan Sihatul didampingi satu dokter dan dua perawat dari Rumah Sakit Taiwan, serta perwakilan Kamar Dagang dan Ekonomi perwakilan Indonesia di Taiwan. "Termasuk juga ada perwakilan dari BNP2 TKI, dan juga agent baik dari Taiwan dan juga PT yang memberangkatkan dari Indonesia," katanya.

Alam juga mengatakan, Sihatul akan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan dengan pengawasan enam dokter spesialis dan 10 perawat.

"Nanti mereka akan bergantian memeriksa kondisi Sihatul. Semoga saja kondisinya semakin membaik setelah pulang ke Banyuwangi karena dekat dengan keluarga," tegasnya.

Sihatul berangkat ke Taiwan dan bekerja dipeternakan sapi perah di Tainan City. Ia harus mengurus 300 ekor sapi perah seorang diri mulai pukul 03.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Sihatul sempat di rawat di Chi Mei Medical Center di Liouying Taiwan lalu dipindahkan ke Panti Jompo di Min An Road Distrik Baihe Kota Tainan. Dari pemeriksaan kesehatan sempat ditemukan luka benturan di bagian kepala Sihatul akibat benda tumpul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com