Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gagalkan Pencurian Motor Seusai Melayat Kerabat

Kompas.com - 05/05/2014, 15:19 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Briptu Dody, anggota Polres Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, menggagalkan pencurian satu unit sepeda motor dinas milik Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3), Kabupaten TTU, Senin (5/5/2014) dini hari tadi.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres TTU, Iptu Zefnat SY Tefa kepada Kompas.com, Senin siang mengatakan, aksi itu bermula ketika Briptu Dody pulang seusai melayat di rumah duka salah seorang keluarganya di Kelurahan Bansone.

“Usai pantau di rumah duka, anggota polisi (Dody) kemudian pulang ke rumahnya di kilometer 6 Kelurahan Maubeli. Pada saat berada di ujung jembatan gang masuk rumahnya, Dody melihat dua orang pemuda sementara (sedang) memarkir satu unit sepeda motor jenis Honda Verza di dalam semak-semak. Anggota pun langsung bertanya pada dua pemuda yang gelagatnya mencurigakan,” jelas Zefnat.

Pertanyaan Briptu Dody, membuat kedua pemuda itu gugup. Tak lama kemudian keduanya kabur meninggalkan sepeda motor hasil curian itu. Anggota polisi sempat mengejar kedua pemuda itu namun gagal karena kondisi masih gelap dan mereka sudah lari menjauh.

“Anggota polisi lantas melapor ke kantor dan beberapa saat kemudian sejumlah anggota Polres TTU turun ke lokasi dan membawa motor itu ke kantor untuk diamankan,” beber Zefnat.

Selain mengamankan sepeda motor Honda Verza, Briptu Dody juga mengamankan satu unit sepeda motor lainnya jenis Honda Beat yang dikendarai dua pemuda dan diduga mereka masuk jaringan pencuri Honda Verza.

“Dua pengendara motor Honda Beat sempat melintas di sekitar tempat Honda Verza diparkir dengan gerak-gerik mencurigakan. Keduanya melaju ke arah kilometer 9. Melihat itu, anggota polisi lalu membuntuti keduanya,” jelas Zefnat.

Begitu sampai di kilometer 8, lanjut Zefnat, dua pengendara Beat itu menepi untuk mengisi bensin di pedagang eceran, dan saat itu pula anggota polisi mencegat keduanya dan menanyakan dokumen motor.

"Keduanya tidak mampu menunjukan surat-surat motor. Anggota pun membawa keduanya ke kantor untuk dimintai keterangannya,” sambung Zefnat.

Hingga kini, polisi telah mengamankan dua unit sepeda motor beserta satu unit telepon seluler milik pengendara Honda Beat. Selain itu, empat orang lainnya sudah diperiksa di Unit Reserse terkait aksi pencurian itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com