Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Tabrakan Kapal, Penyeberangan Merak-Bakauheni Tetap Normal

Kompas.com - 03/05/2014, 14:33 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com — Arus penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Merak, Banten, berjalan lancar pasca-insiden tabrakan KMP Marisa Nusantara dengan Cargo KM Qihang di Perairan Selat Sunda.

"Sejauh ini arus penyeberangan berjalan lancar, normal-normal saja, pasca-evakuasi KMP Marisa Nusantara," kata Manajer Operasi ASDP Pelabuhan Bakauheni Heru Purwanto kepada Kompas.com, Sabtu (3/5/2014).

Hanya, menurut dia, saat evakuasi pada pukul 04.00 dini hari tadi sempat ada penundaan sandar KMP Tribuana karena keadaan darurat harus mengutamakan penyandaran Kapal Marisa Nusantara.

Dalam keadaan normal, penyeberangan kapal roro di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 85 trip dengan estimasi penumpang sebanyak 2.000 orang per hari. Sementara itu, KMP Marisa Nusantara rusak bagian kanan depan kapal sekitar 7 meter hingga sempat terjadi kemiringan.

Akibat tertabraknya kapal penumpang tersebut, sebanyak 24 kendaraan yang berada di lambung kapal juga turut mengalami kerusakan serius. KMP Marisan Nusantara ditabrak KM Cargo Qihang berbendera Kamboja di Perairan Selat Sunda atau sekitar 3 mil dari Pulau Rimau, Lampung.

KMP Marisa bermuatan penumpang sekitar 75 orang berangkat dari Merak pada Sabtu dini hari sekitar pukul 00.00 ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tetapi Kapal Qihang berbendera Kamboja pasca-tabrakan tersebut melarikan diri hingga menyulitkan tim dalam mengidentifikasi masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com