Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Katanya Pendidikan Gratis, Kok Masih Bayar Ini Itu?"

Kompas.com - 02/05/2014, 13:00 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com — Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Banyuwangi diwarnai demo yang digelar mahasiswa Banyuwangi yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab dan DPRD Kabupaten Banyuwangi, Jumat (2/5/2014).

Mereka mengkritik jargon pendidikan gratis yang sering digembar-gemborkan oleh pemerintah daerah. Menurut Ahmad Kholil, Ketua PMII, saat orasi di depan kantor Pemkab Banyuwangi, masih banyak tarikan uang gedung dan pungutan lain yang mengatasnamakan komite sekolah.

"Banyak sekali pungutan-pungutan yang dilakukan pihak sekolah dengan alasan sumbangan wajib yang di setujui oleh komite sekolah. Belum lagi praktik jual beli bangku saat penerimaan siswa baru yang semakin marak," jelasnya.

Selain itu, mereka juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi segera membenahi sistem penerimaan siswa baru tingkat SMP dan SMA yang dinilai sarat dengan korupsi.

"Katanya pendidikan gratis tapi toh nyatanya mereka masih membayar untuk ini dan untuk itu," tuturnya.

Sempat terjadi adu dorong dengan pihak kepolisian saat mahasiswa memaksa masuk ke dalam Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Mereka berencana menyerahkan surat rekomendasi kepada bupati Banyuwangi. Namun, usaha mereka dihalangi oleh polisi yang membentuk pagar betis di pintu masuk.

"Kantor pemkab adalah kantor milik rakyat. Mahasiswa bukan teroris dan bukan juga koruptor. Kenapa kami tidak boleh masuk hanya untuk menyerahkan surat dan berdialog dengan bupati?" teriak mahasiswa dari luar pagar Kantor Pemkab Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com