Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

May Day, Buruh di Magelang Mainkan Kuda Lumping

Kompas.com - 01/05/2014, 15:50 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com — Hari Buruh Internasional (May Day) di Magelang, Jawa Tengah, juga diwarnai aksi unjuk rasa, Kamis (1/5/2014).

Setidaknya 500 orang pekerja PT Mekar Armada Jaya (MAJ) yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) melakukan aksi long march dari Alun-alun Kota Magelang menuju gedung tempat mereka bekerja di kawasan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Selama long march sejauh 4 kilometer, para buruh yang mengenakan seragam merah biru itu meneriakkan yel-yel dan berorasi menyuarakan tuntutannya. Sebagian mereka juga mengusung berbagai poster.

Di depan barisan terlihat beberapa orang mengenakan kostum kesenian kuda lumping. Mereka menari-nari sambil menyanyikan lagu mars KASBI. Kuda lumping yang terbuat dari kertas karton itu pun penuh dengan tulisan 10 tuntutan rakyat Indonesia yang disingkat sepultura. Di antaranya, hapus sistem kontrak dan outsourcing, tolak politik upah murah dan PHK, serta laksanakan hak-hak buruh perempuan.

Ketua KASBI Jawa Tengah Kostrad mengatakan, pada momen tersebut pihaknya menyerukan kepada semua buruh agar berani memberangus ketidakadilan dan penindasan.

"Penindasan terhadap buruh masih merajalela. Ini harus diberangus. Rakyat harus bersatu," pekiknya di sela-sela aksi.

Pihaknya mendesak pemerintah untuk menghapus sistem kerja kontrak dan outsourcing yang dinilai sebagai salah satu bentuk ketidakadilan terhadap buruh.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk menindak beberapa perusahaan yang mengabaikan dan sering membuat keputusan-keputusan sepihak yang menindas hak-hak para buruh.

"Jika pengusaha tetap membandel, pemerintah harus berani tegas menegur dan menindak," tandasnya.

Aksi buruh berlangsung damai meski tetap mendapat pengawalan puluhan personel kepolisian. Aksi mereka juga cukup memacetkan jalan yang merupakan jalur utama Yogyakarta - Magelang - Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com