Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikahi Penjual Kopi, Nina Berani Tinggalkan Gang Dolly (6)

Kompas.com - 30/04/2014, 15:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Ada banyak cerita kehidupan di lokalisasi prostitusi, termasuk Dolly. Pusat penjaja asmara sesaat itu menjadi mimpi indah bagi sebagian penghuninya. Gelimang uang dan gemerlap kehidupan membuat banyak perempuan menyerbu "sarang madu".

Namun, ada sedikit di antara mereka yang memilih berhenti pada masa jayanya.

Tangan Nina sigap memegang penutup mesin blender. Dia memastikan semua buah di dalam mug kaca lumat digilas pisau blender.

Di sebelah rombongnya, seorang pelanggan sabar menunggu. Lima menit kemudian, buah padat itu berubah menjadi minuman siap santap.

Seorang laki-laki berperawakan kurus membantu Nina memindahkan buah yang sudah menjadi jus itu ke kantong plastik. Setelah diberi sedotan, es jus itu berpindah tangan ke pemesannya. Segera pelanggan merogoh uang di kantong.

Jarwo Susanto, nama lelaki yang membantu Nina itu. Dia tidak lain adalah suami Nina. Sudah setahun Jarwo menikahi Nina. Keduanya menjalin kisah yang berliku.

Sebelum dinikahi Jarwo, Nina adalah pekerja seks komersial di sebuah wisma di Dolly. Nina berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Pada 2012 Nina merantau ke Surabaya. Dolly menjadi destinasinya. Dia datang atas rekomendasi seorang teman. Dalam bayangan Nina, Dolly menawarkan timbunan pundi-pundi rupiah.

“Saya ingin menghidupi keluarga dan anak semata wayang di desa,” kata Nina.

Saat pertama bekerja di wisma, hati Nina gundah. Dia bingung. Satu sisi rupiah mengalir deras ke kantongnya. Di sisi lain, dia ingin hidup normal layaknya perempuan pada umumnya.

Namun, gundah itu disimpannya rapat-rapat. Nina hanya ingat keluarga dan anaknya yang menggantungkan hidup kepadanya. Sembilan bulan kemudian, harapan Nina pensiun dari PSK terkabul.

Ia bersumpah meninggalkan dunia prostitusi. Sumpah itu diucapkan setelah Jarwo menyatakan siap menjadikannya istri.

Jarwo bukanlah pelanggan "anak-anak" wisma. Ia penjaja kopi di warung dekat wisma Nina bekerja. Selama sembilan bulan menjadi penghibur di Dolly, Nina memang kerap datang ke warung.

Setiap ada kesempatan, keduanya sering terlibat perbincangan. Jarwo mengutarakan ketertarikannya kepada Nina. Sudah lama hati Jarwo sulit bertambat ke hati seorang perempuan. Nina-lah yang membuka hati Jarwo. Satu bulan setelah hubungan mereka dekat, Jarwo pun langsung melamar Nina. (idl)

Baca juga:

Simak juga Topik Khusus: Gang Dolly Akan Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com