Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boediono: Masyarakat Jawa Timur Dikenal "Guyub", Ini Aset Berharga

Kompas.com - 27/04/2014, 14:21 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono memuji sikap dan perilaku tangguh warga Kediri, Jawa Timur, dalam menghadapi bencana erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Menurutnya, masyarakat di kawasan bencana itu cepat bergerak dari keterpurukan dan bangkit menuju kehidupan normal kembali.

"Tadi saya menyapa masyarakat, tidak ada trauma, tanaman juga sudah mulai menghijau. Saya ucapkan terima kasih pada Ibu Bupati dan perangkatnya serta masyarakat. Masyarakat Jawa Timur dikenal guyub dan saling tolong menolong dalam kesulitan. Ini adalah aset berharga," kata Wapres Boediono di hadapan para jurnalis saat kunjungan di SDN Sugihwaras 1 Desa Ngancar, Kabupaten Kediri, Minggu (27/4/2014).

Wapres menambahkan, sepanjang kunjungannya di Kediri maupun Blitar sebagai wilayah terdampak erupsi Kelud, semangat masyarakat untuk keluar dari situasi sulit cukup bagus. Geliat perekonomian masyarakat juga sudah kembali berjalan normal meski Kelud baru meletus dua bulan lalu.

Beberapa hal yang masih menjadi kendala yang dihadapi warga Kediri, kata Wapres, adalah permasalahan air bersih dan prasarana lainnya. Hal itu, lanjutnya, sedang ditangani oleh pemerintah daerah.

"Beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti bidang pertanian (akan dilakukan pembenahan) sambil jalan," imbuh Boediono.

Meninjau lokasi bencana

Dalam kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Kediri ini, Boediono meninjau langsung daerah bekas terdampak erupsi Gunung Kelud di Desa Sugih Waras Kecamatan Ngancar. Boediono dan rombongan tiba di Kediri tepat pukul 11.00 Wib dan langsung menuju gedung teater Kelud yang ada gerbang utama lokasi wisata Gunung Kelud di Desa Sugihwaras.

Di gedung ini, Boediono disuguhi rangkaian foto tentang kronologi erupsi Kelud dan keadaan masyarakat baik sebelum maupun sesudah erupsi yang terpampang di dinding. Dia tampak mengangguk-angguk dan sesekali bertanya pada Wakil Bupati Kediri Masykuri Iksan yang menjelaskan foto-foto itu.

Dalam kesempatan itu, Boediono juga rencananya akan melihat audio visual erupsi Kelud namun rencana itu dibatalkan. Namun, dia akan mengunjungi SDN Sugihwaras I yang terletak sekitar 500 meter dari lokasi gedung teater. Di lokasi sekolah ini wapres melihat langsung bangunan sekolah yang rusak karena erupsi. Namun karena hari libur, wapres dan rombongan hanya ditemui oleh para guru tanpa siswa.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja selama empat hari di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Timur, Wapres mengunjungi Kediri dan Blitar lalu kembali bertolak ke Jakarta. Kunjungan di Kediri hanya berjalan sekitar 45 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com