Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Ungguli PDI-P di Jawa Timur

Kompas.com - 26/04/2014, 16:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraup suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif 2014 di Jawa Timur. PKB mengungguli Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan selisih lebih dari 148.000 suara.

Data yang dihimpun Kompas.com, hasil rekapitulasi suara pileg di Komisi Pemilihan Umum Jatim, Sabtu (26/4/2014) dini hari tadi, menyebutkan, PKB meraih total 3.671.911 suara di Jatim (19,6 persen).

Di posisi kedua, PDI-P dengan perolehan 3.523.434 suara (18,8 persen). Tempat ketiga diraih Partai Gerindra (13,1 persen), Partai Demokrat (12,5 persen) dan Partai Golkar (10,2 persen).

Perolehan suara itu berdampak pada kursi yang diraih masing-masing partai politik di DPRD Jatim. PKB diprediksi meraih 20 kursi, sedangkan PDI-P 19 kursi. Disusul Partai Gerindra 13 kursi, Partai Demokrat 13 kursi dan Partai Golkar 11 kursi, dan PKS enam kursi.

Saksi PDI-P Jatim, Didik Prasetyono mengakui keunggulan PKB di Jatim. Namun pihaknya masih belum menerima sepenuhnya hasil rekapitulasi tersebut, karena masih ada kecurigaan aksi penggelembungan suara yang masif terjadi di sejumlah daerah.

"Ini merugikan PDI-P, karena mengurangi jatah kursi akibat Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) yang terlalu tinggi," ujarnya.

Sementara Sekretaris DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq, mengaku masih menunggu hasil pengumuman resmi dari KPU.

"Jika memang benar, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jatim, karena masih mempercayakan PKB sebagai partai tempat menyalurkan aspirasi politik yang paling dipercaya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com