PPP: Angel Lelga Tak Lolos, Masyarakat Makin Cerdas

Kompas.com - 24/04/2014, 12:13 WIB
HERUDIN Calon Anggota Legislatif DPR asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Angel Lelga menghadiri sidang putusan uji materi (judicial review) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2014). MK mengabulkan permohonan Koalisi Masyarakat Sipil yang diwakili Effendi Gazali bahwa pemilu legislatif dan pemilu presiden dilakukan serentak namun dilaksanakan pada 2019 karena waktu penyelenggaraan Pemilu 2014 yang sudah sangat dekat dan terjadwal. TRIBUNNEWS/HERUDIN

SOLO, KOMPAS.com — Artis dangdut sekaligus bintang layar lebar, Angel Lelga, dipastikan tidak lolos menjadi anggota legislatif DPR RI setelah tidak mendapat banyak pemilih. Hal tersebut diungkapkan oleh Arif Sahudi, Ketua DPC PPP Surakarta. Dari perhitungan sementara, baik dari Komisi Pemilihan Umum Daerah Surakarta maupun internal partai, lanjutnya, Angel tidak mungkin masuk ke Senayan.

"Dari hasil perhitungan kami, Mbak Angel tidak masuk karena suara yang diperolehnya sekitar 6.500, dan itu jauh dari target. Konteks di Solo, kita dapat 12.000 suara, dan untuk tingkat DPR RI kita dapat 18.000 suara, itu pun masih dibagi dengan banyak caleg," katanya, Kamis (24/4/2014).

Arif mengakui bahwa mantan istri Rhoma Irama tersebut gagal menjadi legislator karena masyarakat pemilih makin cerdas saat ini. Pemilih, lanjutnya, sudah bisa mengetahui apakah caleg tersebut memang bermodalkan elektabilitas atau hanya popularitas.

"Kasus Mbak Angel, semua masyarakat mengakui bahwa tingkat popularitasnya sangat tinggi. Namun karena masyarakat cerdas, mereka juga akan mempertimbangkan apakah caleg ini cukup cerdas mewakili rakyat di DPR," ujarnya.

Arif juga menyoroti tipe pemilih saat ini yang lebih pragmatis. Menurut dia, keberhasilan meraih suara banyak tergantung pada pendekatan detik-detik terakhir pencoblosan.

"Diakui atau tidak, semua partai melakukan pendekatan di detik-detik terakhir, dan itu yang mendongkrak suara karena masyarakat adalah pemilih pragmatis," katanya.

Sementara itu, Angel Lelga hingga saat ini belum bisa dimintai keterangan terkait kegagalannya menjadi anggota dewan. Saat menghubungi ke sejumlah nomor kontak milik Angel Lelga, yang terdengar hanya nada sibuk.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik

Terkini Lainnya


Close Ads X