Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Sastra Indonesia Akan Dipamerkan di Jerman

Kompas.com - 23/04/2014, 21:40 WIB
Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia akan menjadi guest of honor atau tamu kehormatan dalam Frankfurt Book Fair 2014 dan 2015, satu pameran buku bergengsi bertaraf internasional yang akan diikuti sekitar 2.000 penerbit dari 114 negara di dunia. Pameran itu akan digelar di Frankfurt, Jerman.

“Kita berkepentingan hadir dalam pameran tersebut untuk mengangkat literasi Indonesia. Kita memiliki ribuan karya sastra yang baik, namun tidak dikenal oleh masarakat internasional,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bidang Kebudayaan Prof Ir Wiendu Nuryanti March PhD di UC UGM, Rabu (23/4/2014).

Kurang dikenalnya karya sastra Indonesia oleh masarakat dunia, menurut Wiendu, karena belum banyaknya karya sastra yang dialihbahasakan ke dalam bahasa internasional. Karenanya, pemerintah mendorong upaya penerjemahan karya sastra Indonesia ke dalam bahasa Inggris.

“Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan dana sebesar Rp 11 miliar untuk proses penerjemahan sekitar 150 karya sastra pengarang Indonesia terpilih ke dalam bahasa Inggris dan bahasa Jerman,” lanjut Wiendu.

Sementara itu, ketua harian panitia nasional untuk Frankfurt Book Dr Ing Ir Agus Masyono mengatakan, dalam kegiatan Frankfurt Book Fair (FBF), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memamerkan buku-buku unggulan dari jenis buku-buku sastra dan non-sastra hasil karya anak bangsa.

“Sebelum dipamerkan, buku-buku yang lolos seleksi akan diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman, bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, panitia mengundang partisipasi dari berbagai kalangan baik penerbit, lembaga/institusi kebahasaan dan kesastraan, maupun masyarakat umum untuk mengirimkan buku atau karya pilihan yang dianggap layak untuk diseleksi dan nantinya diterjemahkan ke bahasa asing dan dipamerkan dalam Frankfurt Book Fair 2014 dan 2015.

“Kami tunggu hingga 30 April ini,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com