Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kreasi Busana dari Bungkus Kopi di Hari Kartini di Lapas Bulu

Kompas.com - 22/04/2014, 08:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Ada adu kreasi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bulu Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (21/4/2014). Betul, ajang itu digelar terkait peringatan Hari Kartini. Kreasi yang diadu dari kreativitas merangkai bunga hingga peragaan busana menggunakan bahan daur ulang.

"Yang paling susah itu membuat bawahan berupa sisik dan rumbai-rumbai," kata salah satu warga binaan yang ikut lomba, Metha Baltha, Senin. Dia mengatakan para warga binaan sampai begadang demi mengikuti perlombaan ini.

Pengumpulan bahan bekas untuk melengkapi perhiasan bagi busana rancangan itu pun menjadi tantangan tersendiri. Selain berkaitan dengan Hari Kartini, perlombaan juga terkait dengan peringatan Hari Pemasyarakatan ke-50.

Metha mengaku sangat antusias mengikuti perlombaan. Teman satu timnya adalah mereka yang tinggal dalam satu sel. “Kami siapkan kurang lebih satu minggu. Kami usung tema princess white. Karena bahan dasar utama busana kami bungkus white coffe," tambahnya.

Selain Metha, para warga binaan lain juga mengkreasikan pilihan dengan mengenakan busana berbahan dasar limbah daur ulang, sepatu hak tinggi, dan tatanan rambut bak model wanita. Para warga binaan juga tak terlihat canggung berjalan berlenggak-lenggok di atas catwalk berwarna hijau. Namun, rancangan kreasi Metha dan teman satu selnya yang akhirnya menjadi pemenang.

Staf Bagian Humas Lapas Wanita Bulu, Susilowati, mengatakan lomba sengara dibuat untuk mengasah kreativitas warga binaan. Untuk tampil cantik, ujar dia, para warga binaan tak harus mengeluarkan biaya mahal.

“Meski menggunakan plastik bungkus kopi, rinso, mereka terlihat feminim,” kata Susilowati, Senin. Lomba fashion show diikuti oleh 23 peserta warga binaan. Adapun lomba merangkai bunga dikuti 15 peserta.

Selain dua lomba tersebut, digelar juga lomba majalah dinding, kebersihan kamar, serta voli pantai menggunakan daster. "Untuk pemenang, kami sediakan voucher uang yang bisa dibelanjakan di kantin," kata Susilowati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com