Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Bus Tanjung Priok-Rangkas Bitung "Diserbu" Penumpang

Kompas.com - 18/04/2014, 17:12 WIB
Dian Fath Risalah El Anshari

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Libur akhir pekan yang panjang dimanfaatkan warga untuk bepergian ke luar kota, terutama ke kampung halamannya.

Hal ini setidaknya terlihat di Terminal Tanjung Priok. Peningkatan penumpang terpantau sejak malam Kamis (17/4/2014) dan pagi, Jumat (18/4/2014).

Salah pengurus PO Prima Jasa, Hasim (41), mengatakan peningkatan penumpang dibanding akhir pekan biasa mencapai 75 persen. Peningkatan tersebut banyak terjadi pada bus jurusan Rangkas Bitung, Banten.

"Sejak semalam ramai, kalau akhir pekan biasanya kita hanya 6 trip sehari. Tapi malam tadi saja kita menambah 6 trip lagi," ujarnya di Terminal tanjung Priok, Jumat (18/4/2014).

Ia menjelaskan, peningkatan tersebut semakin banyak pada pagi hari ini. Bahkan hingga pukul 06.00 pagi tadi saja, sudah 6 trip yang diberangkatkan ke Rangkas Bitung, Banten. Kendati demikian, pihaknya tidak akan melakukan penambahan armada.

"Kami tidak ada penambahan unit. Paling hanya menunggu bus yang rangkas balik lagi," ucapnya.

Rama (36) salah satu warga Semper Timur, Jakarta utara mengaku memanfaatkan akhir pekan ini untuk dapat pulang ke rumah orang tuanya di Rangkas Bitung. Bersama dengan kedua anaknya dan istrinya ia berangkat menggunakan bus. ”Mumpung libur panjang jadi ajak anak dan istri liburan di rumah orang tua,” ujarnya.

Sementara Kepala Terminal Tanjung Priok, Alfred Hutapea, membenarkan terjadinya peningkatan penumpang sejak malam hingga pagi ini. Setiap akhir pekan, biasanya penumpang di Terminal mencapai 1.750 orang, namun pada malam tadi yang tercatat sudah mencapai 2.500 orang.

"Kemungkinan akan terjadi peningkatan sekitar 30 persen. Kalau memang nanti dibutuhkan, kita akan siapkan bus tambahan," ujarnya.

Alfred menambahkan di terminal Tanjung Priok itu selain bus angkutan dalam kota juga terdapat bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dengan berbagai tujuan. Antara lain, Purwokerto, Malang, Madura, Rangkas, Merak, Bandung dan Bogor. "Yang paling meningkat pesat itu bus jurusan Rangkas. Selebihnya tidak terlalu signifikan," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com