Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengin Hadiah Umrah, Pelaku UMKM Cuman Dapat Piagam

Kompas.com - 16/04/2014, 15:09 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Sedikitnya 250 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ingin mendapatkan hadiah umrah, namun pemerintah kabupaten Gresik memberikan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, Rabu (16/4/2014) menuturkan, hadiah umrah belum bisa diberikan. Namun, dengan hadiah uang pembinaan, UMKM diharapkan bisa mengembangkan usaha agar lebih maju.

Pada tahun 2014 ini, Pemkab Gresik menggelar UMKM Award memperebutkan tropi dan uang pembinaan. Juara pertama mendapatkan hadiah Rp 10 juta, juara II Rp 8 juta, juara III Rp 7 juta. Selain itu, ada uang pembinaan untuk juara harapan masing-masing Rp 5 juta.

UMKM Award merupakan bagian penguatan UMKM dalam era perdagangan bebas dan dimaksudkan agar UMKM tidak sekadar bertahan tetapi mampu bersaing.

Bambang Sutejo dari Klinik UMKM Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur bangga jiwa kewirausahaan di Gresik yang tinggi dilihat dari munculnya usaha kecil di Gresik bisa tumbuh, dan berkembang hingga ke pelosok desa.

Bambang mengatakan, Indonesia membutuhkan sedikitnya dua persen dari jumlah penduduknya menjadi wirausaha jika ingin maju.

Dia juga berharap produk domestik regional bruto (PDRB) Gresik 7,36 persen disumbang sektor UMKM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com