Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Usir Lurah yang Kawal Pengerukan Pasir Pantai

Kompas.com - 14/04/2014, 09:38 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Puluhan warga di Pantai Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Senin (14/4/2014) dinihari, mengusir alat berat yang tengah mengeruk pasir di pesisir pantai.

Warga khawatir, aksi pengerukan pasir terkait Pameran Expo 2014 yang akan digelar di Kabupaten Pasangkayu itu berdampak buruk terhadap pemukiman mereka yang berada tak jauh dari bibir pantai.

Ketegangan antara puluhan warga dan Lurah Pasangkayu Tanwir Miliansah tak dapat dihindarkan. Lurah pun menjadi sasaran kemarahan warga, dan diusir dari lokasi pengerukan.

Tanwir memang tengah berada di lokasi itu, untuk mengawal sejumlah alat berat yang mengeruk pasir. 

Tanwir sempat menjelaskan kepada warga, pengerukan pasir di pantai dilakukan karena pembangunan alun-alun terkait acara expo tersebut harus dilakukan segera.

“Pengerukan pasir pantai ini atas sepengetahuan Bupati,” tegas Tanwir.

Namun penjelasan itu tak berdampak. Warga tetap mengusir alat-alat berat termasuk sang Lurah. Akhirnya, Tanwir mundur dan membawa pergi sejumlah alat beratnya.

Salah satu warga setempat, Adding Marulu, dari Labuang, Kelurahan Pasangkayu menyesalkan kebijakan pemerintah yang tidak menghentikan upaya pengerukan tersebut.

“Pemerintah yang seharusnya mencontohkan penyelamatan lingkungan malah ikut merusak lingkungan dan ini mengancam keselamatan warga pantai,” ujar Adding.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com