Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Tertukar, Warga Tetap Mencoblos

Kompas.com - 09/04/2014, 12:43 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Sebanyak 51 surat suara untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 6 yaitu Kecamatan Bulakamba dan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, nyasar salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Puluhan surat suara tersebut nyasar ke TPS 4 Desa Pejagan, Tanjung, Brebes yang merupakan Dapil 5.

"Nyasar"-nya surat suara diketahui pertama kali oleh salah seorang saksi TPS yaitu Akhmad Riyanto, yang saat itu akan mencoblos. Namun, tiba-tiba calon yang akan dipilihnya tidak ada di dalam daftar nama.

Sontak saat itu, Akhmad langsung melakukan protes kepada petugas pemungutan suara. "Saya langsung melakukan protes ke panitia, ini jelas keteledoran, lalu bagaimana nanti warga yang sudah mencoblos," kata Akhmad Riyanto.

Mendapat laporan itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Brebes, langsung mendatangi TPS. Divisi Pengawasan dan Antar Lembaga, Panwaslu Brebes, Faizal Yudhi Nugroho mengatakan, dari sejumlah saksi yang dimintai keterangan di lokasi, sudah ada surat suara yang tercoblos.

"Jumlahnya ada 22 surat suara yang tercoblos, kita sudah berkoordinasi dengan ketua TPS agar membuat berita acara luar biasa," kata Faizal, Rabu (9/4/2014).

Saat ini Panwaslu Brebes, sudah melaporkan ke KPU agar segera ditukar agar masyarakat tetap bisa mencoblos. Nantinya, Panwaslu akan memanggil Ketua TPS dan sejumlah saksi untuk mengklarifikasi kejadian tertukarnya surat suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com