Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Politik Uang, Mahasiswa Terbangkan 12 Balon

Kompas.com - 08/04/2014, 17:45 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa di Kabupaten Banyuwangi melakukan aksi damai dengan melepas balon di Jalan Adi Sucipto, Banyuwangi. Mereka mengajak masyarakat untuk menolak politik uang yang diberikan para caleg demi membeli suara mereka saat pemilu yang digelar serentak 9 April 2014 besok.

Ada 12 balon yang berwarna merah putih yang diterbangkan sebagai simbol 12 partai peserta Pemilu 2014. Di setiap balon digantung pesan tolak money politic dan ajakan untuk tidak "golput".

"Masyarakat Banyuwangi harus datang ke bilik suara untuk memberikan suaranya pada Pemilu tanggal 9 April bsok. Jangan 'golput'. Selain itu, masyarakat harus berani menolak politik uang agar pemilu menjadi pemilu yang berkualitas," jelas Nanang Slamet, Ketua BEM Universitas 17 Agustus Banyuwangi kepada Kompas.com, Selasa (08/04/2014).

Sementara itu, Didik Suhariyanto, Ketua Pusat Studi Hak Azasi Manusia Universitas 17 Agustus menilai, masyarakat kini semakin pintar dan bijak untuk menentukan pilihan calon legislatif.

"Pemberian uang ataupun barang sudah tidak efektif untuk menambah suara. Selain itu, dengan adanya pemberian uang, akan membuat biaya politik semakin tinggi. Indikasinya, bisa jadi, jika terpilih, mereka akan korupsi untuk mencari uang pengganti yang dikeluarkan saat kampanye untuk menyogok warga," jelasnya.

Didik juga mengatakan, ada sekitar 200 mahasiswa yang dijadikan relawan pemantau Pemilu 2014 yang terdaftar di KPU. "Nanti mereka akan disebar di TPS untuk memantau langsung serta pembelajaran politik bagi mahasiswa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com