Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Rampung, Lintasan KA Kroya-Bandung Dibuka Kembali

Kompas.com - 08/04/2014, 10:38 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Lintasan kereta api Kroya-Bandung telah dibuka dan bisa dilalui kereta sejak tengah malam tadi.

Pembukaan jalur dilakukan setelah perbaikan rel putus selesai di Kampung Terung, Desa Merkarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

"Alhamdulilah jalur Kroya-Bandung sudah dibuka kembali sejak tengah malam tadi. Pengerjaan rel selesai pada pukul 22.54 malam tadi," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono saat dihubungi pada Selasa (8/4/2014) pagi.

Sampai pukul 09.00 WIB pagi ini, kata Sugeng, terhitung telah 11 kereta penumpang melewati jalur yang telah diperbaiki selama tiga hari ini.

Malam tadi, kereta penumpang pertama yang melewati jalur ini adalah KA Turangga jurusan Bandung-Surabaya. "Alhamdullilah telah bisa dilalui secara normal," kata Sugeng.

Meski demikian, Sugeng mengaku kereta yang melintas jalur ini masih harus mengurangi kecepatannya. Pasalnya, perbaikan rel masih dalam tahap pengoptimalan lagi.

"Kecepatannya belum bisa normal saat melalui jalur yang diperbaiki ini. Diperkirakan 10 hari ke depan kita optimalkan terus kondisi rel di sini. Baru nantinya kecepatan saat melintas ke sini bisa normal kembali," tambah Sugeng.

Sugeng menambahkan, sampai 10 hari ke depan petugas PT KAI akan terus meningkatkan kualitas perbaikan rel di lokasi anjloknya KA Malabar, Jumat malam lalu. "Kami 10 hari ke depan akan terus di sini meningkatkan perbaikan rel. Sekarang target kita supaya jalur ini bisa dilalui kereta penumpang terlebih dulu," ungkap Sugeng.

Diberitakan sebelumnya, di lokasi perbaikan rel telah terjadi anjloknya KA Malabar dari Bandung ke Malang, Jumat malam lalu.

Kecelakaan itu menyebabkan tiga penumpang tewas, dan 29 orang lainnya mengalami luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com