Ki Dalang Asep Sunandar Sunarya di Mata Ridwan Kamil

Kompas.com - 01/04/2014, 04:57 WIB
Salah satu hasil karya wayang golek batik BENNY ADRIANTO FACEBOOK Salah satu hasil karya wayang golek batik "Djawa" buatan Benny Adrianto
|
EditorPalupi Annisa Auliani
BANDUNG, KOMPAS.com — Asep Sunandar Sunarya, yang kondang sebagai dalang wayang golek, meninggal pada Senin (31/3/2014) siang. Apa pendapat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tentang sosoknya?

"Saya atas nama pribadi, mewakili Pemkot Bandung, merasa kehilangan. Saya kira ini mewakili perasaan semua warga Bandung, Jawa Barat, Indonesia, bahkan mancanegara," ujar Ridwan saat takziah ke rumah duka, Pesantren Budaya Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin malam.

Bagi Ridwan, sosok Asep sangat istimewa, terutama soal inovasinya di dunia seni wayang golek. "Abah ini membuat suatu standar dalam pewayangan yang dulu tidak terbayangkan," kata Ridwan, yang sempat melakukan shalat jenazah.

Menurut Ridwan, sosok Asep Sunandar akan melegenda karena inovasinya itu. "Kami mendoakan mudah-mudahan bisa dilanjutkan dan ini tantangan besar. Nama besar seseorang memang tidak mudah tergantikan," ujar dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X