Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Batu Bangun Kereta Gantung Rp 150 Miliar

Kompas.com - 21/03/2014, 08:51 WIB
BATU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, bekerja sama dengan investor dari Singapura membangun kereta gantung senilai Rp150 miliar untuk mendukung sektor wisata di daerah itu.

"Pemkot sudah melakukan kesepakatan dengan investor Singapura tersebut dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) sebagai penanggung jawab proyek," kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Jumat (21/3/2014).

Eddy mengakui, proyek pembangunan kereta gantung tersebut memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana sebesar itu di antaranya untuk pembebasan lahan milik warga yang berada di kawasan pembangunan.

Saat ini, kata Eddy, pemkot melakukan survei di beberapa titik akan menjadi titik pembangunan kereta gantung, seperti di Jalan Sultan Agung, kawasan Alun-alun dan Batu Night Spectacular (BNS).

Pembangunan kereta gantung, lanjut Eddy, ditargetkan segera selesai dan bisa dioperasikan. "Dengan adanya kereta gantung diharapkan bisa membantu wisatawan yang berkunjung ke Batu, bahkan mampu menambah pendapatan daerah dari sektor Pariwisata Kota Batu," ujar Eddy.

Tahun ini, kata Eddy, dilakukan kajian terlebih dahulu mengenai proses pembangunan kereta gantung oleh tim dari ITS. Sedangkan pembangunannya, dilakukan sekitar akhir 2014 atau awal tahun depan.

Namun, Pemkot Batu bersama investor sudah mengawali melakukan kajian terhadap titik-titik yang akan dibangun untuk tiang penyangga. Bahkan, muncul gagasan, kereta gantung akan menghubungkan Jatim Park 2, Pasar Besar Batu dan Selecta atau jaringan melintasi Jatim Park 2, Gunung Wukir dan Selecta.

Hanya saja, kajian awal itu terkendala adanya sutet yang melintas di Jalan Sultan Agung mengarah ke barat. "Mungkin dengan adanya kajian tim pakar, nanti akan ada titik-titik yang tepat untuk pembangunan kereta gantung tersebut," ucap Eddy.

Pembangunan kereta gantung itu, ujar Eddy, harus tetap memperhatikan budaya dan mengedepankan pertanian karena menjadi potensi utama masyarakat. Kebijakan-kebijakan yang diambil, juga tidak boleh mengorbankan kepentingan masyarakat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com