Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Kupang Gagalkan Penyelundupan 56 TKI ke Malaysia

Kompas.com - 16/03/2014, 00:13 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut Tenau, berhasil menggagalkan penyelundupan 56 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia.

Wakil Kepala Polres Kupang Kota, Komisaris Yulian Perdana kepada Kompas.com, Sabtu (15/3/2014) malam, mengatakan para calon TKI yang diamankan di pelabuhan Tenau itu rencananya hendak diberangkatkan ke Malaysia menggunakan KM Bukit Siguntang.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan, ternyata semuanya tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan. Mereka akan dikirim ke Malaysia via Kalimantan. Semuanya berjumlah 56 orang dengan perinciannya 45 orang laki-laki dan 11 orang perempuan,” papar Yulian.

Menurut Yulian para calon TKI itu berasal dari sejumlah Kabupaten di NTT yakni 17 orang dari Kabupaten Belu, 16 orang dari Timor Tengah Utara (TTU), dua orang dari Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao sebanyak lima orang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) 15 orang dan Kabupaten Kupang satu orang.

Para calon TKI yang berusia dewasa sebanyak 50 orang, sementara yang masih dibawah umur sebanyak enam orang. Selain itu, polisi juga mengamankan satu orang perekrut berinisial SU (42), warga Manufui, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten TTU. Seorang tersangka perekrut lainnya berinisial GH, warga Desa Sono, Kecamatan.Ayotupas,

Kabupaten TTS, berhasil melarikan diri. “Setelah para calon TKI diamankan dan didata oleh KP3, maka akan diserahkan ke Disnakertrans Provinsi NTT,” tambah Yulian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com