Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku

Kompas.com - 10/03/2014, 13:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com
— Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih, Said Assagaf-Zeth Sahuburua, di Ruang Paripurna DPRD Maluku, Senin (10/3/2014). Proses pelantikan berlangsung dalam sidang paripurna istimewa yang dihadiri hampir seluruh pimpinan dan anggota DPRD Maluku.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, proses pelantikan Gubernur Maluku ini dihadiri oleh sejumlah undangan, seperti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman, Ketua DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisuta, dan sejumlah anggota DPR asal daerah pemilihan Maluku. Hadir pula Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Hadi Sarungdajang dan Gubernur Sulawesi Selatan M Yasin Limpo.

Dalam sambutannya, Gamawan mengatakan, proses pelantikan gubernur terpilih Maluku harus dijadikan sebagai momentum untuk membangun Maluku ke depan dengan lebih baik. Menurut dia, setelah dilantik, perbedaan-perbedaan pemikiran dan pendapat yang terjadi selama proses pilkada berlangsung harus segera diakhiri.

“Perbedaan dalam pilkada harus diakhiri untuk membangun Maluku ke depan yang lebih baik. Semua elemen harus bersatu dan pelantikan kali ini harus dijadikan momentum untuk memajukan Maluku ke depan,” ungkapnya.

Gamawan mengakui proses Pilkada Maluku telah menyita waktu yang panjang dan proses yang berbelit-belit melalui proses hukum hingga sampai Mahkamah Konstitusi (MK).

“Hampir 10 bulan proses Pilkada Maluku berlangsung, itu waktu yang sangat lama dan melelahkan dan saat ini semuanya telah berakhir,” ujarnya.

Ratusan aparat gabungan TNI Polri disiagakan di Gedung DPRD Maluku untuk mengamankan proses pelantikan agar tetap berjalan aman dan lancar. Proses pengamanan berlangsung ketat. Setiap undangan yang akan masuk ke dalam Gedung DPRD harus melewati metal detector.

Sebelumnya, Said Assagaf-Zeth Sahuburua dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 13/P tahun 2014 tertanggal 26 Februari 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com