Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Mendagri Lantik Gubernur Maluku Terpilih

Kompas.com - 09/03/2014, 13:39 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON,KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dijadwalkan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih, Said Assagaf dan Zeth Sahuburua, Senin (10/3/2014). Proses pelantikan akan berlangsung dalam rapat paripurna istimewa di ruang sidang paripurna DPRD Maluku di kawasan Karang Panjang Ambon.

“Berdasarkan surat dari Dirjen Otda Kemendagri, DPRD sudah menggelar rapat Bamus sehingga sudah disepakati pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku oleh Mendagri yakni Senin (10/3) pukul 09.00 WIT,” kata Ketua DPRD Provinsi Maluku, Fatani Sohilauw, kepada wartawan di Ambon.

Terkait pelantikan Gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih DPRD juga telah mengundang seluruh menteri kabinet Indonesia bersatu jilid II dan sejumlah pejabat tinggi Negara untuk menghadiri proses pelantikan. Kepastian pelantikan Said dan Zeth ini digelar setelah Presiden menandatangani SK pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku tertanggal 26 februari 2013.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, Menteri Gamawan Fauzi berserta rombongan akan tiba di Kota Ambon, Minggu (9/3/2013). Selain itu sejumlah menteri cabinet dan pejabat tinggi Negara seperti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakri beserta rombongan dikabarkan juga akan tiba di Ambon siang ini dengan menggunakan pesawat komersil.

Untuk menjaga jalannya proses pelantikan Gubernur dan wakil gubernur terpilih agar tetap berlangsung aman dan tertib, aparat kepolisian mengerahkan sedikitnya 800 personil. Pengamanan akan di fokuskan di lokasi pelantikan dan sejumlah titik yang dianggap rawan gangguan keamanan.

Sebelumnya, aparat kepolisian juga telah menggelar simulasi pengamanan terkait pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih ini sekaligus membantah sejumlah rumor dan isu yang beredar di masyarakat kalau proses pelantikan Said dan Zeth akan dibatalkan menyusul adanya gugatan salah satu pasangan bakal calon gubernur dari jalur independen, Jacky Noya yang dikabulkan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Makasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com