Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jatim Optimistis Rekonstruksi Pasca-erupsi Kelud Segera Rampung

Kompas.com - 07/03/2014, 14:44 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Masa rehabilitasi fisik pasca-bencana erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur akan berakhir lusa, Minggu (9/3/2014). Wakil Gubernur Jawa Timur, Saefullah Yusuf, mengaku optimistis dapat menyelesaikan tahapan rekonstruksi tepat waktu.

Saat ini, berbagai pihak masih terus berkolaborasi membantu warga korban erupsi untuk memperbaiki rumahnya. Di lapangan, lanjutnya, tercatat ada sekitar 4.000 personel tentara dari elemen Kodam V Brawijaya, Kostrad, hingga Angkatan Laut yang siap membantu. Beragam elemen masyarakat seperti Pramuka dan Ansor juga ikut serta. Sementara itu, sekitar 1.900 personel kepolisian diturunkan untuk pengamanan.

"Semua saling turut ambil bagian. Kita membantu bahan material asbes, genting, dan macam-macamnya," kata Saefullah saat meninjau lokasi bencana di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Jumat (7/3/2014).

Saat erupsi 13 Februari lalu, kepala daerah yang akrab disapa Gus Ipul ini menambahkan, ada 14.000 rumah warga yang rusak berat, sedang, serta ringan. Kerusakan tersebar di tiga kabupaten terdampak, yaitu Kabupaten Kediri sebanyak 12.000 rumah, Kabupaten Blitar 500 rumah, serta sisanya ada di Kabupaten Malang.

Dari jumlah itu, lanjutnya, tahapan pemulihan melalui perbaikan sudah cukup bagus. Di Kabupaten Kediri sudah selesai 80 persen, Kabupaten Blitar 100 persen, serta Kabupaten Malang masih 50 persen.

“Kita punya target tanggal 9 besok, rumah-rumah yang rusak ringan, sedang, berat sudah dapat dituntaskan,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com