Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hama Babi Hutan Resahkan Warga dan Petani di Aceh

Kompas.com - 07/03/2014, 00:04 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com - Puluhan babi hutan meresahkan warga di sejumlah desa di Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh, belakangan ini. Kawanan babi hutan itu merusak sawah dan masuk pemukiman pada malam hari. Akibatnya, puluhan hektar kebun maupun sawah petani rusak.

Jasrial, Ketua Tim Pemburu Hama Babi, mengatakan, sudah beberapa kali menyampaikan laporan terkait hama babi hutan ini ke pemerintah setempat. Namun, hingga hari ini, pemerintah setempat belum menyikapinya.

“Desa terparah hama babi yakni Juli Keude Dua, Juli Meunasah Tanjong dan Juli Meunasah Tambo yang butuh penanganan serius,” katanya, Kamis (6/3/2014).

Karena tak mendapatkan respon positif, akhirnya untuk memburu kawanan babi hutan itu, warga dibantu tim pemburu membiayai sendiri semua kebutuhan yang diperlukan selama pengusiran hama.

Warga akhirnya merogoh kantong pribadi untuk melakukan perburuan selama satu hari penuh. Dengan disertai puluhan anjing pemburu, mereka biasanya menggunakan tombak dan parang untuk memburu babi hutan.

Beberapa tim yang berjumlah kira-kira belasan orang setiap timnya mulai menyebar di sejumlah titik yang dicurigai menjadi lokasi babi hutan mencari makan. Mereka bisa menangkap atau langsung membunuh babi hutan yang mereka temui.

Dalam satu hari, menurut Jasrial, mereka bisa menangkap belasan babi di kawasan kebun dan sawah warga. Namun demikian, Jasrial memperkirakan masih terdapat puluhan babi hutan yang berkeliaran di sekitar tiga desa di Kecamatan Juli. Sambil berupaya untuk membasmi babi hutan, warga tetap berharap pemerintah kabupaten segera menindaklanjuti laporan mereka dan membantu mengusir babi hutan yang meresahkan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com