Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga di Cakringan Bantu Korban Gunung Kelud

Kompas.com - 01/03/2014, 20:46 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga di Kecamatan Cangkringan, Sleman, terpanggil untuk membantu warga di lereng Gunung Kelud, Jawa Timur pasca erupsi beberapa waktu lalu. Cangkringan adalah wilayah yang terdampak besar saat Gunung Merapi meletus beberapa waktu silam.

Bantuan yang disalurkan bagi korban erupsi Gunung Kelud tidak hanya peralatan, tapi juga tenaga.

"Sebelum ini banyak dari komunitas dan dusun yang sudah mengirimkan bantuan ke korban Gunung Kelud secara mandiri," ucap Camat Cangkringan, Bambang Nurwiyono, Sabtu (1/3/2014).

Bambang mengutarakan, ada rencana pengiriman 56 orang relawan. "Terdiri dari perwakilan masyarakat desa, polsek, koramil, dan kecamatan," tegasnya.

Bantuan yang akan dikirimkan antara lain terpal, bahan makanan, kebutuhan ibu dan bayi, serta peralatan untuk membersihkan rumah. Total nilainya sekitar Rp 108 juta.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo berpesan, tim relawan yang berangkat adalah wakil dari masyarakat Sleman. "Jangan sampai ketika dilokasi malah merepotkan korban erupsi Gunung Kelud. Tim harus menunjukkan semangat sosial dan etos kerja yang baik," tandasnya.

Selain warga Cangkringan, Pemkab Sleman juga mengirimkan tim relawan dan bantuan bagi korban Kelud. Tim yang dikoordinasi oleh BPBD Sleman ini dilepas oleh Bupati Sri Purnomo pada Jumat (28/02/2014) malam di Pendapa Rumah Dinas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com