Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Tak Berpihak Kepada Para Tuna Netra

Kompas.com - 01/03/2014, 19:00 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Pemilihan umum belum berpihak pada para penyandang cacat, khususnya para tuna netra. Hingga kini, penyandang tuna netra belum mendapat fasilitas kertas suara yang bisa memudahkan mereka menyalurkan hak suara dalam pemilu bulan April mendatang.

Zullatif, salah seorang penyandang tuna netra asal Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/3/2014) mengaku telah dua kali mengikuti pesta demokrasi. Selama itu pula, dia tak bisa menyalurkan hak suaranya secara maksimal.

"Kertas suaranya datar, sehingga saya tidak tahu harus mencoblos sebelah mana, sesuai nomor yang ingin saya pilih," kata Zul, usai mengikuti simulasi pencoblosan yang dilakukan KPU Parepare.

Meski mendapat bantuan pendamping dari petugas TPS saat pemilu gubernur lalu, namun Zul tetap merasa terganggu dengan kertas suara itu.

"Kami berharap, ada kertas khusus untuk orang buta seperti kami, sehingga lebih memudahkan kami agar leluasa memilih," katanya.

Ditemui terpisah, anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Misna M Attas mengatakan, hak seluruh kaum disabel dalam menyalurkan hak suara tetap penting.

"Kita juga terbentur dengan keterbatasan anggaran," kilahnya. "Mereka juga boleh didampingi keluarga atau kerabat saat akan memberikan hak suaranya. Selain ada petugas TPS yang juga akan melakukan pendampingan. Itu pun setelah diambil sumpahnya dan mengisi formulir C3, sebagai pernyataan untuk menjalankan tugas dengan sebenar-benarnya," tandas Misna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com