Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Kado Rp 300 Juta, Wagub Kepri Lapor KPK

Kompas.com - 27/02/2014, 12:42 WIB
BATAM, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa dia telah menerima kado berbentuk uang tunai dan barang senilai Rp 300 juta dalam pesta resepsi pernikahan anak keduanya di Batam, Sabtu (25/1/2014).

"Kado-kado sudah kami laporkan ke KPK, jumlah semuanya Rp 300 juta, itu termasuk barang yang dirupiahkan," kata Wakil Gubernur di Batam, Kamis.

Kado itu diterima Wakil Gubernur dari berbagai kalangan, mulai pejabat, kerabat, hingga warga biasa yang bersimpati kepada kepala daerah yang kerap disapa "Romo" tersebut.

Selain kado, Wagub mengatakan seluruh pemberian karangan bunga juga dicatat dan dilaporkan ke KPK untuk menghindari dugaan gratifikasi.

"Karangan bunga juga dilaporkan, difoto satu per satu," kata dia.

Ia menyerahkan kepada KPK untuk menilai kemungkinan tindak dugaan gratifikasi, termasuk juga jika sebagian hadiah itu harus diserahkan ke negara.

"Sebagai warga negara yang baik, kami taat peraturan, apa pun itu," tutur dia.

Pelaporan hadiah dalam pesta pernikahan anak kedua Wakil Gubernur dilakukan pada ujung masa tenggang yang diberikan KPK, 30 hari setelah acara. Hal itu disebabkan kegiatan Wakil Gubernur yang padat seusai pesta pernikahan putrinya.

Sebagai Ketua Panitia MTQ Nasional Ke-25 di Batam, Wakil Gubernur harus mempersiapkan segala sesuatu hingga penyerahan laporan kado, yang baru dilakukan dalam pekan ini. Terlebih lagi, 10 hari terakhir, Wagub juga harus menjalankan tugas Gubernur Muhammad Sani yang tengah menunaikan umrah.

"Kemarin belum sempat, waktunya padat," ujar Wagub.

Perhelatan pernikahan anak Wagub digelar dua hari di kediaman, taman umum, dan hotel berbintang, dengan menggunakan adat Jawa, Yogyakarta.

Ribuan warga dan pejabat nasional dan daerah memadati pesta yang juga diramu dengan pentas budaya rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com