Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Santai, Caleg DPR Bagi-bagi Uang dan Stiker di Tasik

Kompas.com - 24/02/2014, 15:19 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Fernita, seorang calon anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan Jawa Barat XI, ditemukan membagi-bagikan uang ke warga saat acara jalan santai di Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (23/2/2014) kemarin.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Bambang Lesmana mengatakan, saat acara jalan santai, caleg ini diketahui membagikan uang serta stiker pencalegannya berlogo PPP ke peserta. Pihaknya pun mengaku memiliki bukti berupa video dan foto saat Fernita melakukan dugaan politik uang.

"Kami juga akan memeriksa caleg DPR RI Fernita, yang diketahui membagikan uang saat ada acara jalan santai partai yang diduga sebagai kampanye terbuka dengan dibungkus acara jalan santai di Puspahiang kemarin," jelas Bambang kepada Kompas.com, Senin (24/2/2014).

Bambang menambahkan, pelanggaran ini bukan hanya hasil temuan langsung petugas panwas di lapangan, tetapi juga kesaksian beberapa warga berikut barang buktinya.

"Bukan hanya temuan panwas saja. Beberapa warga pun datang ke kantor panwas untuk melaporkan kejadian ini," kata Bambang.

Diberitakan sebelumnya, Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya menemukan pelanggaran curi start kampanye terbuka PPP yang dikemas acara jalan santai di Lapangan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu kemarin.

Hadir dalam acara itu, Bupati Tasikmalaya sekaligus Wakil Ketua DPW Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Ketua DPRD wilayah setempat sekaligus Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya, Ruhimat, Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dan Caleg DPRI PPP Fernita. Panwas pun dalam waktu dekat ini akan memeriksa bupati dan pengurus partai lainnya terkait kasus dugaan pelanggaran Pemilu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com