Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Basarnas Evakuasi Korban Banjir di Klaten

Kompas.com - 23/02/2014, 09:36 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

KLATEN, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membuat para korban banjir mengungsi. Sejak Sabtu (22/02/2014) malam, tim basarnas dari Pos Basarnas Surakarta mengevakuasi warga di sejumlah wilayah yang terendam banjir.

Informasi dari Humas Basarnas Semarang Aris T, Minggu (23/2/2014), daerah-daerah yang terkena banjir dan warganya mengungsi antara lain, di Dukuh Sutan Desa Kebon Kecamatan Bayat ada 90 jiwa yang dievakuasi.

Lalu di Dukuh Balong Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno ada 40 jiwa dievakuasi. Di Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk,  enam balita  dan satu orang sakit dievakuasi. Sementara, di Dukuh Kerten, sekitar 150 jiwa sudah mengungsi.

Tim Basarnas melakukan evakuasi atas warga yang mengalami keadaan darurat, terisolasi dan sulit dijangkau.

Evakuasi yang dilakukan dengan perahu karet sempat terhambat cuaca yang masih diguyur hujan, sehingga debit air terus bertambah.

"Namun demikian masih ada warga di sebagian daerah yang tidak bersedia untuk dievakuasi, dengan alasan menjaga harta benda di dalam rumah," ujar Aris.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Klaten, Jawa Tengah dan sekitarnya, selama lebih enam jam, Sabtu kemarin mengakibatkan banjir di beberapa tempat di Klaten.

Ketinggian air mencapai satu meter lebih.  Tak hanya itu, kiriman air dari kawasan puncak Merapi, juga menyebabkan Sungai Dengkeng meluap.

Menurut Kepala Kantor Basarnas Semarang Agus Haryono, telah dikerahkan tim rescue dari Pos Basarnas Surakarta ke lokasi banjir, setelah mendapat informasi dari Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten.

Mengenai daerah yang terendam banjir, Agus belum bisa memastikan berapa luas wilayah Klaten yang terendam banjir. “Kami juga belum tahu berapa warga yang harus mengungsi. Yang jelas, malam ini (kemarin) tim kami kerahkan ke lokasi berikut peralatan evakuasi,” papar dia.

Agus menambahkan, tim Basarnas yang turun membawa alat evakuasi di antaranya perahu karet, pelampung, dan truk angkut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com