Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Punya Gunung Api, Sultan Yogyakarta Kirim Bantuan ke Kediri

Kompas.com - 21/02/2014, 08:05 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sri Sultan Hamengkubuwono X yang juga adalah Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, datang langsung mengantar bantuan untuk korban letusan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/2/2014).

Bantuan dari Yogyakarta ini berupa aneka kebutuhan perbaikan kerusakan rumah, mi instan, serta barang kebutuhan wanita dan anak-anak. Bantuan itu diangkut menggunakan 14 truk. Dari belasan truk itu, dua di antaranya mengangkut kayu reng.

Saat ini kebutuhan prioritas bagi para korban letusan Gunung Kelud memang adalah bahan bangunan untuk memperbaiki kerusakan rumah mereka. "Warga banyak membutuhkan bahan bangunan," kata Kabid Penerangan Satlak PB Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, Kamis.

Penyerahan bantuan secara simbolis, dilakukan di Posko Utama Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Satlak PB di kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten kediri. Bantuan langsung diterima oleh Ketua Satlak PB Masykuri Iksan sekaligus Wakil Bupati Kediri.

Sri Sultan juga sempat berbagi pengalaman penanganan dampak letusan Gunung Merapi, yang terakhir kali mengalami letusan besar pada 2010. Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014) malam. Letusan diperkirakan telah melontarkan 105 juta meter kubik material vulkanik. Data sementara, letusan ini merusak lebih dari 19.000 rumah warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com