Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Sekolah Runtuh, 116 Siswa SD Belajar di Ruang Darurat

Kompas.com - 20/02/2014, 14:41 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Atap lima ruang kelas SD Raharja di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, tiba-tiba runtuh pada Selasa (18/2/2013) malam. Ratusan siswanya terpaksa belajar di ruang darurat karena semua kelas tak bisa digunakan.

Dari pantauan Kompas.com, atap bangunan sekolah seluruhnya runtuh. Sebagian besar peralatan sekolah seperti kursi, meja, lemari, dan alat peraga rusak tertimpa reruntuhan. Para siswa terpaksa belajar di madrasah dekat sekolah dengan fasilitas seadanya. Bahkan, semua murid menulis sembari tidur-tiduran.   

Salah seorang guru, Sumarya, mengatakan, 116 murid di sekolahnya terpaksa belajar darurat di dua ruang madrasah dekat sekolah. Kegiatan belajar mengajar ini telah berlangsung selama dua hari.

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Siswa-siswa SD Raharja di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, belajar dengan fasilitas seadanya gara-gara atap ruang kelas mereka runtuh.

"Semuanya 116 siswa dari kelas satu sampai enam belajar di madrasah. Soalnya seluruh kelas tidak bisa digunakan," ujar Sumarya kepada wartawan, Kamis (20/2/2014).

Penyebab pasti ambruknya bangunan sekolah, kata Sumarya, belum bisa dipastikan. Terlebih lagi, bangunan kelas ambruk ini baru dua tahun lalu direnovasi total.

"Sebelum ambruk terjadi hujan besar, tapi robohnya bangunan setelah hujan reda. Bangunan ini baru dua tahun direnovasi seluruhnya," kata dia.

Sampai sekarang pihak sekolah masih menunggu perbaikan bangunan dari pemborong sebelumnya. Kejadian ini pun sudah dilaporkan ke dinas terkait setempat.

"Katanya mau diperbaiki oleh pemborongnya. Soalnya kasihan para murid belajarnya tidak maksimal," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com