Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Borobudur dari Abu Kelud, BKB Kucurkan Rp 100 Juta

Kompas.com - 18/02/2014, 08:45 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Balai Konservasi Borobudur (BKB), Kabupaten Magelang, telah menganggarkan dana sebesar Rp 100 juta untuk pemulihan Candi Borobudur, menyusul dampak abu vulkanik Gunung Kelud.

Dana tersebut juga termasuk biaya untuk pemulihan Candi Pawon dan Candi Mendut di Kecamatan Mungkid.

"Dana itu diambil dari anggaran rutin perawatan Candi Borobudur, untuk kebutuhan pembersihan abu vulkanik gunung Kelud selama 7-10 hari mendatang," ujar Kepala Seksi (Kasi) Layanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Iskandar M Siregar, Senin (17/2/1014).

Selain dipergunakan untuk membeli alat kebersihan, dana itu juga akan dipakai untuk membayar honor 50 tenaga kebersihan, masing-masing Rp 50.000 per hari.

Sementara itu, untuk pemulihan di dua candi lainnya, BKB mengalokasikan Rp 35 juta untuk Candi Pawon dan Rp 45 juta untuk Candi Mendut. "Semoga dana itu cukup," harap Iskandar.

Seperti diberitakan, setelah Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur meletus, Kamis (13/2/2014), seluruh wilayah Magelang termasuk tiga candi peninggalan wangsa Syailendra itu terdampak abu vulkaniknya.

Candi-candi itu pun sudah mulai dibersihkan sejak Senin (17/2/2014) kemarin. Ratusan tenaga kebersihan termasuk TNI, relawan dan masyarakat umum turut membantu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com