Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulih, Penerbangan Kupang-Surabaya dan Sebagian Penerbangan dari Bandung

Kompas.com - 16/02/2014, 22:39 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Antara

KUPANG, KOMPAS.com - Penerbangan dari Bandara El Tari Kupang di Nusa Tenggara Timur ke bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur, yang terhenti akibat meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur, telah kembali normal pada Minggu (16/2/2014). Adapun sebagian Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, juga sudah mulai membuka beberapa rute penerbangan.

"Hari ini penerbangan Kupang ke Surabaya kembali normal," kata Manager on Duty Bandara El Tari, Gabriel Lusi Keraf di Jakarta, Minggu. Dia mengatakan pada Minggu pagi sampai petang penerbangan dari maskapai Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Garuda, mengudara dari Kupang ke Surabaya dan sebaliknya, dengan lebih dari 200 penumpang pada setiap penerbangan.

Sementara itu, Gabriel mengatakan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat, yang juga ditutup akibat letusan Gunung Kelud, juga sudah kembali normal pada Minggu pagi.

"Bandara Husein Sastranegara dibuka kembali pada pukul 9 pagi tetapi beberapa perusahaan maskapai penerbangan dengan tujuan tertentu baru akan mulai beroperasi secara normal di kemudian hari," kata juru bicara pengelola bandara, PT Angkasa Pura II, Daryatno, di Jakarta, Minggu .

Daryatno mengatakan Lion Air baru melayani penerbangannya dari Bandung pada Minggu pukul 12.00 WIB. Adapun Tiger Air Mandala baru akan melayani penerbangan dari Bandung pada Senin (17/2/2014).

Meski demikian, imbuh Daryatno, penerbangan rute Bandung ke Yogyakarata belum akan pulih karena landasan pacu Bandara Adisutjipto di Yogyakarta masih tertutup abu vulkanik dari Gunung Kelud.

Bandara Husein Sastranegara ditutup pada Jumat (14/2/2014) pukul 14.30 WIB karena letusan tersebut. Penutupan bandara ini berdampak pada penerbangan Susi Air rute Bandung-Nusawiru, serta Air Asia dari Bandung ke Surabaya, Denpasar, Medan, dan Pekanbaru.

Juga terdampak penutupan Bandara Husein Sastranegara adalah penerbangan Citilink rute Bandung-Denpasar, Express Air rute Bandung-Padang, Lion Air dari Bandung ke Surabaya dan Banjarmasin, serta Garuda dari Bandung tujuan Surabaya dan Denpasar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com