Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Bandara Adi Soemarmo Solo Beroperasi Lagi

Kompas.com - 16/02/2014, 08:16 WIB
SOLO, KOMPAS.COM - Hujan abu vulkanik yang melanda kawasan DIY Jateng, Jumat (14/2/2014) pagi kemarin, membuat sejumlah penyedia jasa transportasi terkendala, termasuk juga aktivitas di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Akibat tebalnya abu vulkanik yang turun, aktivitas penerbangan di Bandara Adi Soemarmo dihentikan dan untuk sementara ditutup dan baru akan dibuka pada Senin besok.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan sejak Jumat lalu aktivitas di bandara dihentikan sementara, selain mengganggu landasan pacu pesawat, intensitas debu vulkanik yang tinggi membahayakan aktivitas penerbangan.

Dia menyebut kemungkinan besar aktivitas di Bandara Adi Soemarmo akan kembali normal pada Senin besok. Pihaknya pun mulai Sabtu kemarin sudah melakukan upaya pembersihan di lingkungan bandara termasuk membersihkan pesawat yang terkena debu vulkanik.

"Kami maksimalkan Senin besok sudah bisa beraktivitas normal seperti biasa. kemungkinan mulai pukul 06.00 sudah beroperasi kembali," terangnya saat dihubungi, Sabtu (15/2/2014).

Dikatakan untuk saat ini ada empat maskapai yang ada di Bandara Adi Soemarmo yang belum beroperasi yakni Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air serta Kalstar.

Sementara itu, secara terpisah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa semua bandara akan bisa beroperasi mulai hari Senin. Diharapkan kondisi terus membaik dan aktivitas di Gunung Kelud berkurang.

"Senin semua penerbangan diusahakan bisa mulai beraktivitas, mudah-mudahan bisa berjalan baik nanti," ujarnya. (Galih Priatmojo/Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com